Lindungi dari Leukemia, Ini Vaksin yang Bisa Anda Berikan Pada Kucing


Ketika Anda memutuskan untuk memelihara seekor kucing berarti Anda telah siap dengan semua tanggung jawab dan resiko yang harus Anda hadapi. Anda perlu memperhatikan makanannya yang sehat misalnya dengan memberikan Whiskas dan untuk perlindungan tubuhnya Anda perlu memberikan vaksin untuk kucing.

Apa Itu Leukemia pada Kucing dan Akibatnya?

Leukemia pada kucing ini berbentuk sebuah virus yang dikenal dengan nama feline leukemia virus (FeLV). Anda perlu tahu bahwa Felv bisa menjadi menyebab kematian kucing Anda. Felv merupakan bagian dari retrovirus yang menginfesksi kucing Anda.

Jika kucing Anda terkena Felv maka yang akan terjadi adalah pertama, virus ini akan melumpuhkan sistem imunitas kucing Anda yang menyebabkan kucing menjadi rentan terhadap adanya infeksi sekunder dari bakteri, jamur, dan protozoa atau virus lainnya.

Kedua, virus ini dapat menyebabkan anemia atau kanker limfoma yang terjadi karena virus menginfeksi sumsum tulang, mengganggu proses pembentukan darah, bahkan bisa berkembang menjadi kanker. Ketiga, virus ini bisa mengakibatkan terjadinya gangguan saraf dan radang pada mulut kucing Anda. 

Keempat, virus ini juga bisa menimbulkan masalah pada reproduksi seperti yang bisa terjadi pada kucing betina yang sedang hamil maka janin yang ada bisa terinfeksi virus yang ditularkan melalui plasenta sehingga menyebabkan keguguran. Apabila janin selamat sampai lahir maka kemungkinan di dalam tubuh anak kucing Anda sudah mengandung feline leukemia virus.

Kapan Kucing Bisa Terkena Feline Leukemia Virus?

Kucing yang rentan terkena virus ini adalah kucing yang sering berkeliaran di luar rumah yang membuatnya bergaul dengan kucing liar. Kucing liar merupakan faktor risiko terbesar untuk penularkan feline leukemia virus tersebut karena adanya kondisi dimana beberapa kucing berbagi tempat makan dan juga minum.

Resiko terkena feline leukemia virus lebih rentan terjadi pada anak kucing dan kucing dewasa muda, sedangkan kucing dewasa lebih resisten karena sistem imunnya yang lebih kuat. Peluang kucing yang bermain di dalam rumah bisa terinfeksi virus ini hanya sebesar 3%, sedangkan kucing yang menghabiskan waktu di luar memiliki peluang terinfeksi lebih besar. 

FeLV ini dapat ditularkan dari kucing liar yang telah terinfeksi melalui air liur atau cairan yang terkena, transfusi darah, urin, gigitan, dan air mata, atau bisa terinfeksi dari ibunya saat anak kucing tersebut masih menyusui. Namun jika kamu tetap membiarkan kucingmu berkeliaran di luar rumah maka segeralah memberikan vaksin pada kucing Anda.

Sudah Adakah Kejadian Kucing yang Terkena Feline Leukemia Virus?

Dari data yang dikutip melalui merckvetmanual, pada tahun 2010 telah terjadi sebanyak 3,1% kucing di Amerika yang terbukti terinfeksi FeLV, tidak hanya di Amerika bahkan virus ini juga menjangkit sebanyak 3,6% populasi kucing di Jerman dan Kanada, kemudian terjadi di Mesir dengan persentase 4,6% bahkan juga terjadi di Thailand sebanyak 24,5% dari populasi kucing yang ada.

Belum ada data pasti mengenai FeLV di Indonesia. Namun mengingat kondisi Indonesia secara geografis dan sosial ekonomi yang hampir dengan Thailand maka diasumsikan bawah tentulah jumlahnya tidak akan jauh berbeda dengan dari yang terjadi di Thailand. Sebelum terjadi maka kita perlu melakukan pencegahan dengan memberikan vaksin pada kucing anda.

Vaksin yang Diberikan untuk Mencegah Terkena Feline Leukemia Virus

Vaksin Feline Leukemia yang tersedia yaitu vaksin dengan kode ATCvet QI06AA01 atau bisa juga dengan menggunakan berbagai vaksin kombinasi yang diberikan oleh dokter. Jika kucing Anda dibiarkan bermain di luar rumah maka dokter akan merekomendasikan untuk memberikan vaksin ini setahun sekali. Vaksin Feline Leukemia diberikan saat kucing berusia 12 minggu.

Saatnya Anda untuk lebih waspada terhadap kesehatan kucing Anda. Namun kucing yang terlihat sehat bukan berarti tidak membawa virus untuk itu ada kalanya Anda perlu melakukan Pemeriksaan reguler tahunan ke dokter sebagai upaya pencegahan berbagai penyakit dan virus yang bisa menyerang kucing Anda.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A56007801428

Cari Blog Ini

Label

Recent Posts